BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Yayasan > Berlomba- lomba dalam kebaikan, Berkompetisi yang disukai ALLAH

Berlomba- lomba dalam kebaikan, Berkompetisi yang disukai ALLAH

berlomba-limbalah dalam berbuat kebaikan

Berlomba-lomba dalam kebaikan atau dalam bahasa Arab disebut Fastabiqul khairat merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam.

Amalan inilah yang akan memberatkan timbangan kebaikan kelak di akhirat. Fastabiqul khairat termasuk salah satu ciri dari orang yang beriman.

Dikutip dari buku Sunah-sunah Kecil Berpahala Besar oleh Muhammad Safrodin, orang-orang yang beriman terbagi ke dalam tiga golongan, yaitu golongan orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan, orang yang sedang (muqtasidun), dan orang yang menganiaya diri sendiri (zhalimu linafsihi).

Perintah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 148. Allah SWT berfirman:

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ – ١٤٨

Artinya: “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.” (Al Baqarah: 148)

Sedekah misalnya amalan yang disukai ALLAH bagi kita umatnya yang mau bersedekah kepada siapan dan kapan pun tampa pandang bulu, sedekah merupakan salah satu amalan yang dapat mengantarkan umat Islam menuju surga Allah.

Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, secara sosial sedekah juga bermanfaat untuk mengurangi ketimpangan dengan cara membantu kaum yang lemah secara ekonomi.

Sebenarnya sedekah dapat dilakukan kapan saja. Namun banyak ulama berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mengeluarkan harta di jalan Allah adalah saat subuh atau sebelum matahari terbit.

Waktu yang tepat untuk melakukan sedekah Subuh adalah setelah salat Subuh dengan memasukkan sedekah ke kotak amal, untuk melakukan sedekah Subuh tidak perlu mencari anak yatim atau orang miskin saat Subuh namun cukup membuat kotak amal dari kaleng atau botol.

Sedekah Subuh ini memiliki keutamaan yang dahsyat bagi umat muslim, salah satunya yaitu dapat mengabulkan hajat kita dan masih banyak yang lainnya. (NA)

BACA JUGA : Nikmatnya Bersedekah – Tausiyah