BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Engkling Anti Korupsi

Engkling Anti Korupsi

Pemerintah Kota Jambi mencatatkan rekor dunia dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan permainan tradisional engkling Anti Korupsi yang dimainkan oleh 80 ribu siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Kota Jambi pada Rabu 30 November 2022. Kegiatan permainan engkling terbagi menjadi 2, yaitu sebanyak 2022 siswa secara langsung di lapangan kantor Walikota Jambi dan selebihnya dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dari sekolah masing-masing. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, kata sambutan Walikota Jambi, permainan engkling Anti Korupsi, penyerahan piagam rekor MURI kepada Walikota Jambi dan penutupan. Pada permainan tradisional engkling Anti Korupsi ini, para siswa serentak memainkannya secara berkelompok. Siswa yang ikut dalam rekor MURI  permainan ini mengenakan baju Melayu.

Permainan tradisional engkling Anti Korupsi ini memiliki manfaat seperti dapat mengasah kemampuan fisik, mengasah kemampuan bersosialisasi dan kebersamaan dalam satu regu, mengajarkan disiplin dan taat aturan, mengembangkan kecerdasan berhitung dan dapat menjadikan para pemainnya menjadi lebih kreatif. SMP Insan Madani Boarding School turut serta menjadi peserta dalam permainan tersebut. Sebanyak 10 siswa dikirimkan sebagai perwakilan SMP Insan Madani Boarding School di lapangan kantor Walikota Jambi. Selebihnya memainkan engkling Anti Korupsi di sekolah. Untuk yang di sekolah, permainan diadakan di Aula IMC. Pada kegiatan ini, setiap sekolah menyiapkan media permainan dan kuju.  Pada media permainan, terdapat 9 karakter Anti Korupsi yang disampaikan kepada siswa, diantaranya sederhana, mandiri, berani, disiplin, peduli, tanggung jawab, kerja keras, adil dan jujur.

Dengan diadakannya permainan Cingkling Anti Korupsi kepada siswa SD dan SMP se-Kota Jambi, diharapkan bukan hanya sekedar seremonial rekor MURI. Tetapi menjadi sarana untuk edukasi Anti Korupsi sedari kecil. Sehingga siswa-siswi SD dan SMP Kota Jambi dapat tumbuh menjadi pribadi yang paham Anti Korupsi.