BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pojok Baca | SD Insan Madani

Pojok Baca | SD Insan Madani

pojok baca

Pojok baca merupakan salah satu bentuk upaya menumbuhkan minat baca peserta didik. Pojok baca dibuat disetiap kelas dan dibuat bersama–sama oleh guru dan siswa.

Banyak cara yang mendukung untuk membentuk karakter anak di sekolah. Di Sekolah Dasar insan madani jambi, siswa melakukan kegiatan reading day yaitu budaya membaca sebelum melakukan aktivitas belajar.

Di kelas telah menyediakan berbagai macam buku cerita yang sangat menyenangkan jika dibaca dan siswa bebas untuk memilih buku yang disediakan di pojok baca.

Tujuan reading day yaitu meningkatkan wawasan dan minat membaca siswa, karena di jaman sekarang ini banyak orang-orang berpendapat bahwa membaca adalah suatu hal yang membosankan, padahal dengan membaca banyak hal yang kita ketahui dan kunci untuk meraih kesuksesan.

Maka dari itu, SD Insan Madani mengadakan kegiatan pojok baca rutin, agar siswa terbiasa untuk membaca.

Membaca buku diyakini menjadi indikator paling berpengaruh terhadap kesuksesan seorang anak di masa depan. Ketika seseorang membaca buku, hal tersebut dapat membantunya untuk mengidentifikasi karakter dalam buku yang ia baca.

Memiliki kreativitas yang lebih tinggi daripada orang–orang yang kurang membaca buku. Dengan bertambahnya kosakata yang kita miliki dari kegiatan membaca buku, otomatis dapat membantu kita untuk dapat menambah wawasan.

Buku–buku yang disediakan di pojok baca berasal dari buku siswa yang diinfakkan untuk kelas mereka, sehingga siswa saat membaca bisa bertukar buku cerita dengan temannya.

Sekolah dasar Insan Madani Jambi juga membuka layanan donasi jika ada masyarakat yang ingin mendonasikan buku – buku cerita yang masih layak untuk digunakan anak – anak sekolah dasar.