BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pesta Demokrasi Warga SMP IMBS di Hari Sumpah Pemuda

Pesta Demokrasi Warga SMP IMBS di Hari Sumpah Pemuda

pesta demokrasi

Indonesia adalah negara hukum sekaligus negara demokrasi. Salah satu ciri negara demokrasi adalah kedaulatan berada ditangan rakyat sebagaimana yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945.

Pada hakikatnya, kekuasaan suatu negara demokrasi didasari oleh Pancasila sila keempat yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan”. Dalam hal ini menunjukkan bahwa rakyat memiliki kebebasan dalam berbagai sisi kehidupan, termasuk aktivitas politik.

Sebagai perwujudan demokrasi di sekolah, SMP Insan Madani Boarding School melangsungkan pesta demokrasi pada hari Jumat 28 Oktober 2022. Pesta yang dimaksud adalah pemilihan umum yang diadakan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Insan Madani Boarding School Periode 2022/2023. Pemilihan ini dilaksanakan di ruang Aula SMP Insan Madani Boarding School.

Ada dua pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang merupakan kandidat dari proses seleksi yang telah dilaksanakan oleh Waka Kesiswaan.

Dimana sebelum terlaksana pemilihan, para kandidat telah melaksanakan debat terbuka menyampaikan visi, misi dan program kerja.

Adapun pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS nomor urut 1 adalah Rizka Nur Gita dan Fira Indah Alfariza. Sedangkan pasangan nomor urut 2 adalah Namira Hidayah Putri dan Prissa Adinda.

Adapun cara pemilihan dilaksanakan secara langsung dengan pencoblosan dibalik bilik suara. Pemilihan ini diikuti oleh seluruh warga SMP Insan Madani Boarding School baik siswa maupun guru.

Setelah dilakukan pemungutan suara oleh panitia, diperoleh hasil suara terbanyak dimenangkan oleh nomor urut 1. Dengan demikian yang terpilih sebagai  Ketua dan Wakil Ketua OSIS adalah Rizka Nur Gita dan Fira Indah Alfariza.

Pelaksanaan pesta demokrasi berlangsung dengan tertib dan antusias dengan bukti semua warga sekolah turut serta menggunakan hak pilihnya.

Dengan dilaksanakannya pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS telah menerapkan nilai-nilai demokrasi, kejujuran dan tanggung jawab kepada siswa.

Suara yang diberikan oleh pemilih sesuai dengan nurani dan pilihannya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Semoga Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang terpilih amanah dan bertanggung jawab.