BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Semangat Belajar Anak Usia Dini | RA Insan Madani

Semangat Belajar Anak Usia Dini | RA Insan Madani

semangat belajar anak usia dini

PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan/belajar untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Bentuk-bentuk Paud terdiri dariĀ  PAUD Formal yaitu TK dan Raudhatul Atfal, PAUD Non Formal yaitu Kelompok Bermain (KB) dan Taman Pendidikan Anak (TPA), serta PAUD Informal yaitu Keluarga.

karena TK dan RA adalah bagian dari PAUD, maka anak yang berusia hingga 6 tahun memang berada dalam masa pendidikan di TK maupun di RA.

Di RA Insan Madani selalu melakukan pembelajaran sambil bermain guna untuk membuat anak tidak mudah bosan dalam belajar. Sehingga Untuk mengasah kreativitas dan motorik anak,

RA Insan madani melakukan kegiatan pembelajaran sambil bermain salah satunya dengan menggunakan pewarna makanan yang disebut dengan finger painting dengan melibatkan guru dan siswa.

Finger painting merupakan seni melukis dengan jari. Kegiatan finger painting sangat cocok dikenalkan pada Anak Usia Dini. Permainan ini bisa melatih motorik dan kreatifitas anak.

Tidak ada teknik khusus dalam finger painting karena kegiatan ini merupakan cara eksplorasi dan ekspresi diri atas rasa estetika. Cukup menggunakan jari tangan sebagai media dalam melukis.

Bermain dengan finger painting sangat disukai anak-anak, karena anak-anak suka warna. Tampak pada kegiatan tersebut, anak-anak didik RA insan madani sangat bersemangat membentuk pelangi dari pewarna yang telah ditentukan. Pewarna yang digunakan pun sangat aman untuk anak anak. Keseruan dalam belajar finger penting ini di akhiri dengan sesi foto dengan karya nya masing masing.

Baca Juga : Kegembiraan di RA Insan Madani