BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Lembaga Amil Zakat > FUNGSI DAN TUJUAN SOP(standar operasional prosedur) | Insan Madani

FUNGSI DAN TUJUAN SOP(standar operasional prosedur) | Insan Madani

fungsi dan tujuan sop

Sop adalah kependekan dari standar operasional prosedur. Secara mudah, SOP adalah panduan yang berkaitan dengan prosedur yang harus dijalankan.

Contoh dalam sebuah perusahaan, SOP perusahaan adalah segala panduan yang perlu karyawan lakukan untuk mendapatkan hasil kerja yang baik.

Isi dari standar opersional prosedur adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.

Karena salah satu manfaat standar operasional prosedur adalah untuk mempermudah proses kerja dalam sebuah perusahaan.

Prinsip ini dimaksudkan agar prosedur standar yang akan susun bisa dengan mudah dipahami dan diterapkan kepada para pegawai serta tidak menyulitkan.

Manfaat SOP adalah sistem pengaturan atau prosedur yang penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang terstruktur.

Itulah mengapa Standar Operasional Prosedur adalah hal yang sangat penting diterapkan pada perusahaan, salah satunya adalah untuk mendapat kepercayaan konsumen.

Peran SOP dalam suatu perusahaan adalah merupakan pedoman opersional, berisikan sistim dan prosedur kegiatan operasional.

Merupakan dari perusahaan, yang di susun untuk mencapai sasaran rencana dari perusahaan.
Tanpa adanya SOP, maka seluruh bagian perusahaan akan berjalan tidak efektif.

Perusahaan juga akan berjalan dengan pedoman yang tidak jelas dan baku sehingga keefektivan kerja menjadi menurun. Membantu staf bisa lebih mandiri.

Menciptakan standar kerja yang teratur dan membantu memudahkan evaluasi kerja, menciptakan efisiensi dalam bekerja dll.

Baca Juga : aktifitas santri asrama insan madani