BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > Kelebihan  Berqurban Di Insan Madani Jambi

Kelebihan  Berqurban Di Insan Madani Jambi

Qurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). qurban dalam islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah. Dan kelebihan berqurban ialah Ibadah berqurban adalah satu di antara ibadah yang disukai dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Bagi mereka yang mampu, berqurban tak hanya menjadi momen berbagi, namun dengan berqurban, Anda telah membersihkan harta dari yang bukan hak Anda sekaligus menyucikan jiwa dari penyakit hati, seperti pelit dan dengki.

Ibadah kurban hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Bagi orang yang mampu melakukannya lalu ia meninggalkan hal itu, maka ia dihukumi makruh. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwa Nabi saw pernah berkurban dengan dua kambing kibasy yang sama-sama berwarna putih kehitam-hitaman dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelih kurban tersebut, dan membacakan nama Allah serta bertakbir (waktu memotongnya).

Insan madani kembali mengadakan kegiatan qurban di tahun ini dengan tema “Qurban Plus Plus Plus Bahagia Plus Satukan Bangsa”. Di  tahun ini ada berbagai macam kelebihan  Berqurban bersama Insan Madani yaitu, harga jual langsung dari petani , laporan langsung pemotongan hewan Qurban, bersertifikat sehat Hewan, Tepat sasaran,mendapatkan sertifikat qurban, dan otomatis bersedekah.

Baca Juga : Manfaat Tabungan Qurban