BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Mengenalkan Kesehatan Gigi Pada Anak Usia Dini |RA IM

Mengenalkan Kesehatan Gigi Pada Anak Usia Dini |RA IM

kesehatan gigi

Kesehatan gigi seringkali kurang diperhatikan. Sebagian besar masyarakat memeriksakan giginya saat sudah sakit, rusak, atau bengkak.

Beberapa hal yang menyebabkan adalah rasa takut, malas dan acuh untuk periksa gigi. Akibatnya akan merugikan diri sendiri karena akan merasakan sakit dan kerusakan gigi lebih parah.

Anak-anak dengan gigi sehat tentu akan membuat mereka tidak kesulitan makan karena sakit. Tidak mengganggu aktivitas belajar serta tidak mengganggu tumbuh kembang mereka.

Berbeda apabila dari kecil anak sudah sering sakit gigi, gupis, bengkak sulit atau tidak mau makan sehingga mempengaruhi kesehatannya.

Apalagi kalau sakit gigi sampai panas tinggi, bengkak, abses, bahkan trismus atau sulit buka mulut.

Pengenalan tentang pentingnya kesehatan gigi perlu dilakukan sejak dini karena sangat diperlukan agar anak tidak takut atau trauma saat mereka memerlukan perawatan gigi.

Upaya pencegahan yang dilakukan oleh RA Insan Madani bersama dokter gigi ibu suharti dengan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi beserta pencegahan penyakit gigi dan mulut, pemeriksaan gigi, demo dan praktek sikat gigi bersama di RA Insan Madani.

Dalam kegiatan ini anak-anak RA insan madani menjadi banyak mendapat ilmu, mulai dari menggosok gigi yang baik dan benar, sebaiknya menggosok gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur, mengetahui banyak nya jumlah gigi anak dan gigi orang dewasa, selain itu banyak makan permen atau makan yang manis-manis, serta tidak rajin menggosok gigi mengakibatkan gigi berlubang sehingga menjadi sakit gigi.

Kurangnya durasi mengunyah setiap anak juga akan mempengaruhi pertumbuhan lingkar graham anak, lingkar graham anak menjadi kecil sehingga mempengaruhi susunan pertumbuhan gigi, gigi menjadi berdempet (tengke)

Menurut ibu dokter suharti banyak anak RA insan madani yang rajin menggosok gigi terlihat dari susunan gigi yang baik serta warna putih gigi, bagi anak-anak yang rajin menggosok gigi dan giginya bersih mendapat hadiah dari ibu dokter.

Ketahui Adab Berbicara Yang Baik