BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN KELILING KE SEKOLAH

KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN KELILING KE SEKOLAH

perpustakan

Rabu, 14 Desember 2022, SD Insan Madani Jambi mendapat kunjungan perpustakaan keliling. Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaann umum daerah yang mendatangi atau mengunjungi pembacanya dengan menggunakan kendaraan.

Dengan kata lain, perpustakaan keliling adalah perpustakaann yang bergerak dengan membawa bahan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain.

Tujuan adanya perpustakaan keliling adalah meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat terutama peserta didik disekolah, memperkenalkan buku – buku dan bahan pustaka lainnya kepada publik, meningkatkan minat baca peserta didik dan mengembangkan cinta buku pada anak – anak.

Dalam upaya pengembangan kegemaran membaca, layanan ini mengadakan kunjungan rutin ke sekolah – sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan lebih bernuansa dengan suasana wisata baca artinya setiap peserta didik punya tujuan masing – masing seperti mengenal jenis – jenis buku, isi atau materi buku sehingga peserta didik bebas untuk memilih buku bacaan yang mereka gemari.

Sekolah – sekolah yang ada di wilayah setiap daerah diharapkan tetap menjadi titik layanan yang dikunjungi perpustakaan keliling sehingga dapat bermanfaat sebaik – baiknya untuk membuat kegiatan literasi dan wawasan yang lebih luas untuk peserta didik. Karena membaca perlu ditekankan kepada setiap peserta didik sejak kecil.