BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Manfaat Kurma untuk Kesehatan Saat Buka Puasa dan Sahur

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Saat Buka Puasa dan Sahur

Manfaat Kurma untuk Kesehatan Saat Buka Puasa dan Sahur

Kurma adalah buah yang banyak tumbuh di daerah padang pasir, seperti negara-negara di Timur Tengah. Buah ini juga sering dianjurkan untuk dikonsumsi saat buka puasa pada bulan Ramadhan. Konsumsi kurma pada bulan Ramadhan, seperti sunah Nabi Muhammad SAW, ternyata juga memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa manfaat kurma untuk kesehatan tidak hanya untuk mereka yang berpuasa, tetapi juga bagi yang sedang diet.

Berikut manfaat kurma untuk kesehatan yang baik dikonsumsi saat buka puasa ataupun sahur selama bulan Ramadhan.

  • Kurma kaya akan nutrisi Kurma memiliki riwayat nutrisi yang sangat baik. Sebab, buah ini dikeringkan, sehingga kandungan kalori kurma lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar.
  • Buah kurma tinggi serat Selama berpuasa, kebutuhan serat untuk tubuh juga harus terpenuhi. Mendapatkan serat yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Dengan mengkonsumsi satu porsi kurma sekitar 100 gram, selama puasa, maka asupan serta yang dibutuhkan oleh tubuh dapat meningkat. Manfaat serta sangat baik bagi kesehatan pencernaan, yakni mencegah sembelit.
  • Antioksidan kurma bantu lawan penyakit Dalam jurnal penelitian yang dipublikasikan NCBI, menunjukkan bukti kandungan kurma¬†yang sangat baik bagi tubuh. Buah kurma (Phoenix dactylifera) menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko beberapa penyakit.
  • Meningkatkan fungsi otak Mengkonsumsi buah kurma, baik saat puasa, diet atau setiap hari juga dapat bermanfaat baik bagi kesehatan otak
  • Meningkatkan potensi persalinan normal Dalam studi yang dilakukan pada 69 wanita hamil yang mengkonsumsi 6 buah kurma per hari selama 4 minggu sebelum hari persalinan, menunjukkan 20 persen kemungkinan untuk melahirkan secara normal. (NA)

    Baca Juga : Manfaat Dan Tips Puasa Saat Bulan Ramadhan