BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Mempersiapan Diri Menyambut Bulan Ramadhan

Mempersiapan Diri Menyambut Bulan Ramadhan

bulan ramadhan

Waktu terus berputar kembali membawa kita menuju bulan Ramadhan. Bulan yang senantiasa disambut dengan penuh kemeriahan, ibarat menyambut datangnya tamu agung “marhaban ya Ramadhan”.

Karena ramadhan adalah bulan suci yang selalu dirindukan umat islam. Hendaknya kita mengetahui bahwa salah satu nikmat yang banyak disyukuri meski oleh seorang yang lalai adalah nikmat ditundanya ajal dan sampainya kita di bulan Ramadan.

Tentunya jika diri ini menyadari tingginya tumpukan dosa yang menggunung, maka pastilah kita sangat berharap untuk dapat menjumpai bulan Ramadhan dan mereguk berbagai manfaat di dalamnya.

Bersyukurlah atas nikmat ini. Betapa Allah ta’ala senantiasa melihat kemaksiatan kita sepanjang tahun, tetapi Dia menutupi aib kita, memaafkan dan menunda kematian kita sampai bisa berjumpa kembali dengan Ramadhan.

Oleh karena itu, kita tidak boleh luput dalam persiapan menyambut Ramadhan.

Untuk menyambut bulan yang suci ini dan juga menunaikan ibadah puasa secara maksimal, sudah sewajarnya kaum muslim memerlukan persiapan yang matang.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang datangnya bulan suci romadhan ?

Pertama perkuat iman.

Persiapan ini bisa dengan melatih menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari, menjaga sholat lima waktu.

Kedua Perisapan fisik dan jasmani untuk berpuasa.

Mulailah rutin berolahraga, mengurangi kebiasaan bergadang, serta menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Ketiga perdalam ilmu dan pengetahuan agama.

Sering membaca buku atau mengikuti forum agama dapat menambah wawasan agama agar bisa menunaikan ibadah di bulan ramadhan dengan lebih afdal.

Keempat persiapan kebutuhan ramadhan sehari-hari

Persiapan menyambut bulan suci ramadan berikutnya adalah mempersiapkan ketersediaan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sembako dan yang lainnya.

Agar menjalankan ibadah bisa maksimal dengan santapan sahur dan buka puasa yang bergizi.

Kelima mengharapkan dosa diampuni.

Kita senantiasa selalu bersyukur dan berdoa kepada Allah agar dosa yang telah dilakukan dapat dimaafkan dan kita memasuki ramadhan dengan keadaan suci.

Itulah sebagian dari mempersiapkan diri menyambut ramadhan, masih banyak lagi cara dalam menyambut bulan suci ramadan, semoga kita semua diberikan umur panjang untuk dipertemukan ramadhan berikutnya.