BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Sahur tu Apo ?

Sahur tu Apo ?

sahur

Sahur artinya, akhir malam atau waktu menjelang subuh. Sementara pengertian secara istilah yaitu makanan dan/atau minuman yang dikonsumsi pada waktu sahurr.

Waktu sahur adalah sebelum shalat Subuh untuk menggantikan tiga waktu makan tradisional dalam sehari, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.
Sahur menjadi santapan terakhir yang dimakan oleh umat Islam sebelum puasa dari fajar hingga matahari terbenam selama bulan Ramadhan.
Dalam tradisi Islam dianggap sebagai manfaat dari berkah karena menjaga orang yang berpuasa dari kelemahan akibat melakukan puasa.
Menurut sebuah hadits Sahih al-Bukhari, Anas ibn Malik meriwayatkan, Nabi berkata,  “Ambillah sahur karena ada rahmat di dalamya.” Umat Islam di beberapa negara membuat bunyi-bunyian pada dini hari untuk mengingatkan sesama muslim bahwa sudah tiba waktu saahur.

Para ulama telah sepakat menentukan hukumnya bagi pelaku puasa adalah Sunnah.

Bertolakbelakang dengan anjuran berbuka puasa, waktu sahuur yang utama adalah dengan mengakhirkan hingga mendekati waktu fajar terbit. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik dari Zaid bin Tsabit.

ﺗَﺴَﺤَّﺮْﻧَﺎ ﻣَﻊَ ﺭَﺳُﻮْﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺛُﻢَّ ﻗُﻤْﻨَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ . ﻗُﻠْﺖُ : ﻛَﻢْ ﻛَﺎﻥَ ﻗَﺪْﺭُ ﻣَﺎ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ؟ ﻗَﺎﻝَ : ﺧَﻤْﺴِﻴْﻦَ ﺁﻳَﺔً

Artinya: “Kami makan sahur bersama Rasulullah kemudian (setelah makan) kami berdiri untuk melaksanakan shalat. Aku (Anas bin Malik) berkata: ‘Berapa perkiraan waktu antara keduanya (antara makan ssahur dengan shalat fajar)?’ Zaid bin Tsabit berkata: ‘50 ayat’.” (Muttafaqun ‘alaih)

Semoga kita dimudahkan untuk selalu bangun di waktu sahur dan mendapatkan keberkahannya.