BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Pahala Bagi Orang yang Membaca Al-Qur’an Terbata-Bata

Pahala Bagi Orang yang Membaca Al-Qur’an Terbata-Bata

pahala

Allah SWT memberikan keutamaan pahala kepada hamba-Nya yang membaca Alquran. Meskipun, seorang hamba itu membacanya dengan terbata-bata.
Dalam sebuah hadits disebutkan:
عَن عَائِشَةَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَتُ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم الَماهر باِلقُرانِ مَعَ السَفَرَةَ الكِرَامِ الَبَرَرَةِ وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران (رواه البخارى ومسلم وابو داوود والترمذى وابن ماجه).

Dari Aisyah r.h.a berkata bahwa Rasulullah saw.bersabda, “Orang yang ahli dalamAlquran akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca Alquran sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud)

Maulana Muhammad Zakariyya Al Khandahlawi dalam kitabnya yang berjudul Fadhilah Amal menerangkan, maksud orang yang ahli dalam Alqurab adalah orang yang hafal Alquran dan senantiasa membacanya, apalagi jika memahami arti dan maksudnya.

Dan yang dimaksud ‘bersama-sama malaikat’ adalah, ia termasuk golongan yang memindahkan Alquran al-Karim dan Lauh Mahfuzh, karena ia menyampaikannya kepada orang lain melalui bacaannya.

“Dengan demikian, keduanya memiliki pekerjaan yang sama. Atau bisa juga berarti, ia akan bersama para malaikat pada hari Mahsyar kelak,” kata Maulana Zakariyya.

Sementara, orang yang terbata-bata membaca Alquran akan memperoleh pahala dua kali; satu pahala karena bacaannya, satu lagi karena kesungguhannya mempelajari Alquran berkali-kali. Tetapi bukan berarti pahalanya melebihi pahala orang yang ahli Alquran.