BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Semangat Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) 2022

Semangat Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) 2022

anbk sd

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh kemendikbud untuk meningkatkan mutu Pendidikan dinilai berdasarkan dari hasil belajar murid, seperti literasi, numerasi, karakter serta kualitas proses belajar.

Di sekolah dasar Insan Madani, Pelaksanaan telah berjalan selama dua hari di gelombang tiga pada Senin 31 oktober dan selasa 01 november dilaksanakan diseluruh sekolah dasar. Selama dua hari ini siswa kelas 5 melaksanakan ANBK dengan lancar. Kegiatan ini pun dihadiri oleh pengawas yang datang langsung dari utusan sekolah lain.

Setiap satuan Pendidikan, kementrian Pendidikan dan kebudayaan atau kemendikbud hanya membatasi pelaksanaan ANBK sebagian peserta didik kelas 5, 8 dan 11. Selain siswa, ANBK juga akan diikuti guru dan kepala sekolah di setiap satuan Pendidikan. Alas an pemilihan ini agar peserta Asesmen Nasional bisa merasakan perbaikan pembelajaran ketika masih berada di sekolah.

Tujuan diadakan program ini untuk meningkatkan mutu Pendidikan, membangun kompetensi dan karakter peserta didik. Program ini juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama yang mendorong sekolah untuk memfokuskan perbaikan mutu pembelajaran.