BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pengenalan Lingkungan Sekolah Dasar Insan Madani

Pengenalan Lingkungan Sekolah Dasar Insan Madani

Pengenalan lingkungan sekolah dasar

Tahun ajaran baru 2018/2019 sudah dimulai sejak hari Senin,16 Juli 2018 kemarin. Hari pertama sekolah digunakan seluruh pihak sekolah untuk kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

Mengacupada Permendikbud nomor 18 tahun 2016, tujuan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah:

  • Mengenali potensi diri siswa baru;
  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah;
  • Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;
  • Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;
  • Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.

SekolahDasar Insan Madani mengadakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah selama tiga hari yaitu Senin,Selasa dan Rabu. Selama 3 hari siswa kelas 1 diperkenalkan dengan kegiatan upacara,baris berbaris, melatih kemandirian, kebersamaan dan kedisiplinan.

Pada hari kterakhir kegiatan PLS ini diisi dengan agenda silaturahmi seluruh wali murid kelas 1 dengan Direktur Eksekutif Yayasan Insan Madani Jambi dan seluruh majelis guru SD Insan Madani Jambi. Di dalam silaturahmi tersebut diberikan kesempatan tanya jawab oleh wali murid kepada Bapak Direktur Eksekutif langsung.
Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dapat diikuti ke 15 siswa SD Insan Madani dengan tertib dan rapi.