BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Pentingnya Pemberian  Vitamin A dan Obat Cacing Pada Anak Usia Dini.

Pentingnya Pemberian  Vitamin A dan Obat Cacing Pada Anak Usia Dini.

vitamin A

Di Indonesia, Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah menetapkan Bulan Kapsul Vitamin A jatuh pada bulan Februari dan Agustus.

Pada bulan Februari dan Agustus Pemerintah akan memberikan kapsul vitamin A kepada bayi dan balita di usia 6-59 bulan.

Rosita, AMK salah seorang tim kesehatan yang ditugaskan dari puskesmas setempat ke beberapa RA salah satunya RA Insan Madani Jambi mengatakan bahwa kegiatan pemberian vitamiin A ini  adalah kegiatan yang dilakukan secara Nasional.

“Kekurangan  Vitamin A pada anak akan bisa meningkatkan resiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare serta kebutaan”.

kebutuhan asupan vitamin A bisa memberikan sumber hewani seperti telur, susu, keju, margarin, dan minyak ikan, hati sapi, dan ikan. Sementara sumber nabati bisa didapatkan dari wortel, tomat, daun kemangi, bayam, daun pepaya, dan lainnya.

“Di bulan kapsul vitamin A ini ada dua kapsul yang diberikan kepada balita yaitu kapsul vitamin A dan kapsul obat cacing.  kapsul ini penting diberikan karena dengan adanya kecukupan vitamin A bisa membantu anak dalam membentuk daya tahan tubuhnya dan juga dalam segi kesehatan, penglihatannya sedangkan kapsul obat cacing berfungsi untuk membunuh cacing didalam tubuhnya sehingga nutrisi menyerap ketubuh dengan baik”, jelas Rosita,AMK yang selalu memantau perkembangan anak-anak di seluruh RA khususnya didaerah pakuan baru.

Untuk mendapatkan kapsul vitamin A ini bisa diperoleh gratis  puskesmas terdekat setiap bulan Februari dan Agustus. Apabila tidak bisa memperolehnya di  Puskesmas terdekat anda bisa mendapatkannya di sarana kesehatan lainnya.