BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pelaksanaan Praktik Sholat Dhuha Untuk Mengembangkan Karakter Religius Anak | RA Insan Madani

Pelaksanaan Praktik Sholat Dhuha Untuk Mengembangkan Karakter Religius Anak | RA Insan Madani

sholat dhuha

Guna menanamkan nilai agama di RA Insan Madani, yang beralamat di Jl. Kutilang IV no 9, thehok, setiap hari anak-anak RA melaksanakan praktek sholat Dhuha berjamaah.

Ibu Meri Solpiah, Kepala RA Insan Madani mengatakan, “praktek sholat Dhuha berjamaah ini merupakan kegiatan rutin, yang dilakukan dari hari senin sampai dengan hari jum’at. Tujuan dilakukan agar menjadi pembiasaan baik yang bisa di terapkan di rumah,” Ungkapnya 

Sementara Bunda Fatma, salah seorang guru kelas, mengatakan pembiasaan ini akan menjadikan anak memiliki karakter yang lebih baik, mampu memberi contoh kepada orang tua dan lingkungan  sekitar yang belum terbiasa sholat dhuha setiap hari dirumah. “Anak-anak juga kami ajarkan praktek wudhu sebelum melaksanakan sholat, diajarkan pula doa harian, doa masuk dan keluar masjid, Karena jika dilatih  sejak dini juga akan membantu anak menjadi karakter yang lebih baik,” Ujarnya

Anak-anak adalah peniru ulung, apa yang mereka lihat dan dengar itu yang cepat diserap, seperti spoon yang mampu menyerap baik dan buruk yang mereka lihat dan dengar terutama anak usia dini sehingga metode yang kami ajarkan adalah praktek secara langsung menjadi pembiasaan anak-anak setiap hari.

Jika anak dilatih sejak dini akan semakin dekat dengan pendidikan agama dan akan semakin memahami kewajibannya sebagai umat Islam.