BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Seni melipat kertas origami

Seni melipat kertas origami

Salah satu kegiatan yang dapat mendukung motorik halus anak adalah seni melipat kertas  Origami. Pembelajaran seni origami dapat meningkatkan kembali penurunan kreatifitas dan daya belajar anak yang dapat merangsang motorik halus anak.  Selain itu Tujuan pembelajaran akan mudah tercapai jika guru terampil memanfaatkan media pembelajaran. Media dapat dibuat dari bahan sekitar lingkungan kita. Salah satunya adalah menggunakan kertas origami.

Origami berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ori” berarti “lipat dan “gami” berarti “kertas”. Jadi, origami memiliki arti melipat kertas, yang dikenal sebagai kebudayaan dari negeri Jepang. Istilah origami sangat populer di seluruh penjuru dunia. selain di Jepang, berkembang pula di Amerika, Eropa, Timur Tengah, bahkan di Asia.

Berikut beragam manfaat origami bagi anak yang secara konsisten mempelajarinya, antara lain:

–          Melatih anak memperkuat kemampuan motorik halusnya.

–          Melatih daya visual spasial anak menjadi semakin baik.

–          Anak belajar mengikuti arahan secara berurutan.

 –          Melatih anak berpikir sistematis dalam menyelesaikan suatu masalah.

Dengan banyaknya manfaat pembelajaran origami bagi anak-anak RA, maka kami meneraptkan pembelajaran menggunakan kertas origasi,  Anak-anak RA Insan Madani  pun sangat antusias mengikuti kegiatan ini, mereka berusaha melipat kertas sesuai arahan gurunya, ketika mereka berhasil mengerjakan tugas yang diberikan ibu guru, menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Contoh seni melipat kertas origami yang sudah mereka kerjakan seperti: Membuat perahu, membuat bunga, membuat jam dinding, membuat rumah dan banyak lagi.