BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pelayanan > Taklim Wali Murid | RA Insan Madani

Taklim Wali Murid | RA Insan Madani

taklim wali murid ra

Salah satu upaya sekolah RA insan madani dalam meningkatkan pola fikir orang tua adalah dengan mengadakan taklim wali murid. Adapun fungsi taklim ini dikenal sebagai tempat kegiatan belajar mengajar umat Islam.

Kegiatan ini diadakan di sekolah RA insan madani Jambi mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 10.00 WIB pada hari kamis, 13 januari 2022. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema pola pengasuhan anak usia dini, Adapun narasumbernya yaitu ibu Wilia warda yanti, S.Pi.

Adapun dalam pemaparannya, beliau mengatakan bahwa setiap anak itu berbeda beda dan memiliki kelebihan nya masing-masing. Beliau juga menjelaskan bahwa pola asuh itu ada 4(empat) macam diantaranya :

  1. Pola Asuh otoriter

Pola Asuh ini menerapkan hukuman bila tidak sesuai aturan. Pola asuh ini akan membentuk seorang anak dengan karakter disiplin dan patuh namun cenderung membuat anak menjadi tidak terbiasa membuat keputusan sendiri dan takut jika tidak menuruti perkataan orang tuanya.

  • Pola Asuh permisif

Pola asuh ini berlawanan dengan pola asuh otoriter. Dima pola asuh ini selalu memanjakan anak. Pola asuh ini menjadi seorang teman baik bagi anaknya karena memberikan perhatian, kehangatan, dan interaksi yang cukup baik namun dalam jangka panjang, anak menjadi bingung karena tidak terbiasa dengan batasan yang ada.

  • Pola Asuh Cuek

Pola asuh ini orang tua hanya memenuhi kebutuhan fisik dasar anak saja Sementara itu, kebutuhan secara psikologis dan emosional jarang terpenuhi karena orang tua menjadi tidak peduli dan jarang berinteraksi dengan anaknya. Pada pola asuh ini, tidak jarang jika anak lebih banyak dididik oleh gawai, televisi, atau video games.

  • Pola Asuh Demokratis

Pola Asuh ini pola asuh yang paling baik,  pola asuh orang tua yang demokratis dapat mencegah anak memiliki masalah kepribadian. 

Pola asuh ini menjadikan anak memiliki kepribadian yang seimbang, mandiri dalam mengambil keputusan, disiplin dengan mempunyai komunikasi baik, memiliki rasa percaya diri, kreatif, dan bahagia secara psikologis

Dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh ibu warda menjadi acuan untuk semua wali murid RA insan madani jambi dan Semoga dengan adanya taklim ini bisa memperat silaturahmi antar sekolah dan para wali murid RA insan madani jambi.

Baca juga : RA Insan Madani gemar sedekah