BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Yayasan > Meningkatkan Kualitas Sdm Yang Memiliki Keahlian Sesuai Dengan Standar Nasional

Meningkatkan Kualitas Sdm Yang Memiliki Keahlian Sesuai Dengan Standar Nasional

Meningkatkan Kualitas Sdm Yang Memiliki Keahlian Sesuai Dengan Standar Nasiona

Mengapa guru perlu melakukan pelatihan media pembelajaran ? Dalam kegiatan belajar mengajar, guru memiliki peran penting untuk menciptakan suasana belajar yang baik dan efektif. Meski terdengar sepele, namun hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan, guru harus banyak belajar dan latihan untuk menjadi professional.

Sekolah Dasar Insan Madani Jambi memiliki kegiatan rutin dalam agenda tahunan, salah satunya yaitu pelatihan guru. Pada kamis, 20/01/2022 seluruh guru SD Insan Madani melakukan kegiatan tersebut yang dihadiri oleh narasumber Ibu Dr. Herwina Dewi Librianty.

Sepenting apa sumber dan media pembelajaran dalam implementasi merdeka belajar di kelas?

Ibu Dr. Herwina Dewi Librianty mengatakan bahwa sumber dan media pembelajaran menjadikan interaksi edukatif disekolah, ragam main yang menantang pemecahan masalah, optimalisasi lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, ketajaman dan ketepatan sasaran penilaian, keluasan wawasan, ketepatan solusi untuk perbaikan pembelajaran serta menjadikan komunikasi efektif.

Lalu bagaimana memahami dan mengidentifikasi sumber belajar maupun media pembelajaran ?

Sumber dan media ternyata memiliki sebuah perbedaan, dimana sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dimanfaatkan, baik materil maupun imateril, manusia ataupun lingkungan untuk mendukung terjadinya proses pembelajaran bagi seseorang. Sedangkan media belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan perantara untuk menyalurkan pesan, merangsang fikiran, minat, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

Beliau menyampaikan bahwa ada juga penggunaan metode yang dinamakan Loose Part. Loose part merupakan bahan yang ketika diberikan kepada anak-anak dapat menjadi apa saja sesuai keinginan anak. Loose part bebas untuk dikreasikan, tidak ada petunjuk atau instruktur yang kaku dalam menggunakan loose part, anak bebas membuat keputusan bagaimana menggunakannya.loose part memberikan sensasi pengalaman sensori yang luar biasa bagi anak. Yang paling utama media berupa loose part ini paling ekonomis bisa dimiliki siapa saja.

Tujuan pelatihan media belajar ini bermaksud diharapkan guru yang berada dimanapun tidak hanya mengajar, tetapi mendidik dan membangun karakter peserta didik untuk menjadi lebih baik.

Baca Juga : Pelatihan SDM | Insan Madani