BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Tips Bila Ibu Tetap Menyusui Saat Berpuasa

Tips Bila Ibu Tetap Menyusui Saat Berpuasa

tetap menyusui

Ulama berpendapat bahwa ibu menyusui mendapatkan keringanan puasa. Artinya, mereka diperbolehkan tidak berpuasa selama bulan Ramadan. 

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Sungguh Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Mulia telah membebaskan puasa dan separuh salat bagi orang yang bepergian, dan membebaskan pula dari puasa orang hamil dan orang yang menyusui.” (H.R Al-Khamsah)

Pengganti puasa bagi ibu menyusui

Walaupun diperbolehkan untuk tidak berpuasa, ibu menyusui tetap diharuskan untuk mengganti puasa di luar bulan Ramadan sesuai dengan jumlah hari yang ditinggalkan. Ada pula ibu menyusui yang diharuskan membayar fidyah sesuai jumlah hari puasa yang ditinggalkan. 

Untuk diketahui, ada tiga kelompok ibu menyusui yang diperbolehkan untuk meninggalkan puasa. Kelompok pertama adalah yang meninggalkan puasa karena alasan kesehatan dirinya sendiri. Kelompok kedua adalah yang meninggalkan puasa demi kesehatan bayinya. 

Bagi kelompok pertama dan kedua, mereka hanya diwajibkan mengganti puasa di luar bulan Ramadan. Sementara itu, untuk kelompok ketiga adalah ibu menyusui yang meninggalkan puasa karena kesehatan dirinya dan bayinya.

Nah untuk kelompok tersebut diwajibkan mengganti puasa di luar bulan Ramadan dan membayar fidyah. 

Bagaimana TIPS jika Ibu Menyusui yang menjalankan Puasa

Perhatikan Asupan Saat Sahur

Adapun pilihan makanan yang baik antara lain adalah brokoli, bayam, katuk, telur, ikan salmon, daging tanpa lemak, dan kacang merah. Ibu menyusui juga bisa menambahkan suplemen vitamin D saat sahur yang dikenal bagus untuk ibu menyusui.

Cegah Dehidrasi

Puasa bagi ibu menyusui memang tidak berbahaya. Tapi, dehidrasi saat menyusui bisa berbahaya.

Jika ibu menyusui mengalami gejala dehidrasi, seperti merasa haus, pusing, lemas, lelah, mulut kering dan lainnya, disarankan segera membatalkan puasa dengan mengonsumsi air atau cairan yang mengandung elektrolit untuk merehidrasi tubuh.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi cairan secukupnya ketika sahur dan juga berbuka puasa untuk menggantikan cairan yang hilang saat berpuasa.

Sebagai ibu menyusui, Anda pasti tetap menjalankan tugas di rumah dan mungkin bekerja di kantor. Usahakan untuk melakukan tugas berat ketika sudah berbuka puasa.

Dan pastikan Anda berada di tempat teduh serta beristirahat yang cukup. Studi menunjukkan bahwa selama berpuasa kandungan potasium, magnesium, dan zinc yang terkandung di dalam ASI dapat berkurang.

Siasatilah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut, atau Anda bisa menambahkan suplemen. Pahami apa yang dirasakan oleh tubuh, jika merasa tidak enak badan, segera konsultasikan dengan dokter.