BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Tradisi Halal Bihalal | SD Insan Madani

Tradisi Halal Bihalal | SD Insan Madani

halal bihalal

Setelah beberapa hari libur dalam rangka menyambut hari raya Idul fitri 1437 H, siswa SD Insan Madani kembali masuk sekolah dihari pertama dengan menggelar kegiatan halal bihalal.

Suasana sumringah terlihat dari siswa – siswi SD Insan Madani, karena kegembiraan kembali hadir bertemu teman – teman di sekolah.

Hahal bihalal dapat dimaknai sebagai suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama sesudah bulan puasa Ramadhan dalam suasana idul fitri pada bulan Syawal dengan tujuan sebagai media untuk Saling bermaafan sesama muslim dan orang yang hadir dalam acara tersebut supaya segala kesalahan yang telah dilakukan dapat dimaafkan.

Kegiatan ini menjadi tradisi tahunan yang harus dipertahankan karena merupakan refleksi ajaran islam yang menekan sikap persaudaraan, persatuan dan saling berbagi kasih sayang.

Kegiatan halal bihalal ini semakin meriah ketika masing – masing siswa siswi membawa kue dan minuman yang masih ada dirumah mereka, dengan tujuan Saling berbagi dan bertukar makanan sehingga semua siswa dapat saling menikmati suasana lebaran disekolah.

Kegiatan halal bihalal diakhiri dengan saling bermaafan antara siswa dan guru, serta berfoto bersama.

Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan hubungan silaturahmi keluarga besar SD Insan Madani Jambi.