BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Lembaga Amil Zakat > ZAKAT MEMBUAT BAHAGIA | Insan Madani

ZAKAT MEMBUAT BAHAGIA | Insan Madani

Zakat merupakan ibadah di mana orang Islam memberikan 2,5% dari hartanya untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan. Zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berdasarkan pengertian zakat, zakat dapat diartikan sebagai konsepsi ajaran islam yang mendorong untuk orang muslim mengasihi sesama, dan memberikan 2,5 persen hartanya untuk yang membutuhkan.

Zakat ada di urutan ketiga dalam rukun islam. Meskipun zakat diwajibkan bagi umat islam, tidak semua orang bisa berzakat. Ada beberapa syarat untuk berzakat, misalnya memiliki harta yang cukup atau tidak kekurangan.

Kita pasti paham bahwa zakat merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang memiliki harta yang cukup dan merasa mampu untuk berzakat, ternyata kewajiban ini memiliki berbagai manfaat salah satunya zakat bisa memberikan ketenangan bagi yang melakukan zakat, dengan seringnya berzakat dapat melatih kita untuk merelakan sebagian apa yang paling disukai yaitu salah satunya harta. Dengan sering berzakat atau memberikan sesuatu yang ada pada diri kita, Itu membuat hati kita tenang, dan lebih merasa bahagia.

Zakat bahkan mampu menjadi sistem imun pada tubuh, karena timbulnya perasaan bahagia usai memberi. Selain itu orang yang berzakat akan merasa lebih sehat karena secara langsung ataupun tidak, orang yang berzakat akan didoakan oleh mustahik atas keberkahan rezeki serta kesehatan.

Zakat bisa dilakukan dimana saja, salah satunya di insan madani jambi, merupakan lembaga amil zakat yang mengelola zakat, infaq, sedekah serta dana kemanusiaan lainnya melalui serangkaian program terintegritas dibidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan untuk mewujudkan kebahagiaan masyarakat yang membutuhkan