BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Kegiatan Pembiasaan di SD Insan Madani

Kegiatan Pembiasaan di SD Insan Madani

kegiatan pembiasaan

Sekolah Dasar Insan Madani Jambi melaksanakan kegiatan rutin dengan sholat duha bersama walaupun masih dalam keadaan PTMT. Kegiatan ini merupakan salah satu pembiasaan rutin yang dilakukan seluruh siswa SD Insan Madani.  Pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif dalam kehidupan sehari-hari.  Pengembangan karakter melalui pembiasaan dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal  baik didalam maupun diluar kelas.

Guru pembimbing juga menyampaikan bahwa banyak sekali yang dapat diupayakan oleh pihak sekolah agar siswa memiliki jiwa dan rohani yang sehat dengan keimanan dan ketakwaan yang melekat pada diri anak, salah satunya melalui pembiasaan sholat dhuha bersama ini.

Pembisaan sholat dhuha bersama ini sudah berjalan sangat lama. Pelaksanaannya setiap hari senin sampai dengan hari jumat selama lima belas menit sebelum jam masuk sekolah. Bedanya, jika setiap senin sampai kamis siswa sholat duha di kelas masing-masing bersama guru pendampingnya, sedangkan setiap hari jum’at sholat duha berjamaah seluruh kelas dilanjutkan dengan pembacaan surah yaasin bersama. 

Pembiasaan sholat dhuha bersama ini akan terus diprogramkan karena hal tersebut sesuai dengan visi dan misi sekolah, juga berdampak postif bagi peserta didik. Diantaranya anak-anak jadi lebih disiplin datang tepat waktu ke sekolah. Sehingga meskipun sedang melaksanakan ujian tengah semester, sholat dhuha bersama ini tetap berlangsung.

Lebih dari itu pihak sekolah berharap sholat dhuha ini dapat mempengaruhi segenap pikiran, perilaku dan budi pekerti siswa baik didalam maupun diluar sekolah.

Baca Juga : Nikmatnya Bersedekah