BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pentingnya Belajar Bahasa Arab

Pentingnya Belajar Bahasa Arab

pentingnya bahasa arab

Bahasa arab adalah bahasa islam, dan dia memiliki beberapa keutamaan, bahkan menurut ibnu Katsir, bahasa arab adalah bahasa yang paling mulia. Beliau mengatakan

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

“Karena  Alquran adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang paling mulia yaitu Ramadhan. Dari berbagai sisi itu,kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Alquran”

Dengan uraian dari ibnu Katsir tersebut, kita, sebagai muslim patut berbangga diri karena memiliki bahasa tersebut. Dan lebih bersemangat dalam mempelajarinya.

Berikut kami sebutkan beberapa poin yang membuat bahasa arab itu sangat penting bagi seorang muslim untuk mempelajarinya.

1. Merupakan bagian dari islam.

Umar bin khattab ra. berkata:

تعلَّموا العربيةَ؛ فَإنَّها مِنْ دِينِكُم

“Pelajarilah bahasa arab,karena ia merupakan bagian dari agamamu”

2. Membantu kita dalam memahami Alquran dan Sunnah nabi.

Karena kedua hal tersebut turun dalam bahasa arab, maka kita harus memahaminya dengan benar jika kita ingin memahami keduanya dengan benar

Rasulullah SAW bersabda:

كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ:تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا             

“Aku tinggalkan bersama kalian dua perkara, jika kalian berpegang teguh padanya, kalian tidak akan tersesat, yaitu kitabullah dan sunnahku (hadits)”

3. Mempengaruhi pembinaan akhlak

Contoh mudahnya, film dengan bahasa arab tentunya mayoritas bercerita tentang masyarakat islam. Kita dapat belajar dari sana tentang kebiasaan mereka.

4. Menegakkan peradaban islam (NA)