BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya

Pola Asuh Orang Tua dan Dampaknya

pola asuh

Pentingnya ilmu parenting bagi orang tua agar tidak terjadi hal-hal buruk, sehingga proses pola asuh mendidik anak di rumah menjadi lebih lancar dan tidak dihantui oleh keraguan.

Banyak tahapan yang harus dipahami oleh orang tua saat mendidik anak, karena setiap anak dikarunia oleh allah sifat dan karakter yang berbeda-beda maka dari itu, insan madani mengadakan taklim untuk wali murid RA insan Madani dengan tema “pola asuh orang tua dan dampaknya terhadap anak” taklim hari ini disampaikan oleh ibu Isnaniyah Yunan

Banyak ilmu yang di proleh dari taklim tersebut mulai dari jenis pola asuh, cara penanganan sesuai karakter dan usia. Berikut 4 Jenis type

1. Type permisif (semua kemauan dituruti, biasa dimanja di rumah segala kebutuhan ada dan mudah di dapat). Ini jenis type yang tidak baik, dijajah oleh anak sendiri segala kebutuhan dan keinginan nya dituruti jika tidak dipenuhi anak akan berontak.

2. Type orang tua yang lalai( tidak mengurus anak)

3. Type orang tua yang perhatian dan demokratis (orang tua mengenal pribadi anak, fokusnya adalah anak) lembut tetapi tetap tegas dengan aturan yang dibuat dan kosisten. Jika tidak konsisten dengan aturan sendiri anak akan mudah melangar aturan yang dibuat dan kita termasuk type yang tidak tegas.

4. Type orang tua yang tegas dan jelas menejemenya. Jenis type ini anak menjadi penuntut, pemberontak, karena anak di didik dengan banyak aturan dari orang tuanya sehingga tidak ada kebebasan bagi anaknya.

3 tahapan perkembangan anak

  1. 0-7 tahun jadikan anak seperti raja, artinya sayangilah, berikan kasih sayang dengan sebanyak-banyaknya,perlakukan anak dengan lembut dan baik namun tetap pada koridor agam, jika salah tegur dengan baik.
  2. 8-14 ( jadikan anak sebagai tawanan)
  3. 15-dewasa jadikan sebagai sahabat, dengarkan anak jika curhat, buat anak percaya dengan orang tuanya