BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Media Pembelajaran Kolase Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak

Media Pembelajaran Kolase Untuk Melatih Motorik Halus Pada Anak

melatih motorik

Anak-anak RA insan madani melakukan kegiatan pembelajaran melatih motorik dengan menempelkan biji kacang hijau pada lembar  kerja yang telah disediakan.

Media pembelajaran ini dilakukan untuk mengasah motorik halus anak, karena dengan menggenggam benda halus seperti kacang hijau akan melatih otot tangan anak, menempelkan nya pada media lain yang sdh di sediakan melatih konsentrasi dan kesabaran anak.

Dari hasil pembelajaran  anak RA insan madani akan terlihat mana anak yang tekun dan sabar, mana anak yang tidak sabar dan cepat bosan., putri salah satu anak RA insan madani yang berusia 4,5 tahun mampu menyelesaikan media pembelajaran yang disediakan guru dengan cepat dan rapi.

Kemampuan motorik halus perlu diasah. Sebab, kemampuan ini akan memudahkan anak dalam melakukan kegiatan dasar sehari-hari, seperti makan, menulis, atau menggunting kertas untuk keperluan sekolah. Kemampuan ini juga penting untuk membantunya melatih kemampuan akademiknya.

Anak-anak dengan kemampuan motorik halus yang tidak terlatih, umumnya memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Selain itu, prestasi akademisnya pun tidak terlalu baik dan mengalami kesulitan untuk bermain, karena keterbatasan kemampuannya.

Mereka juga akan kesulitan untuk menjadi mandiri. Sebab melakukan tugas yang merupakan tugas mandiri seperti menggunakan pakaian sendiri dan makan sendiri, akan membuatnya kesulitan.

Begitu pentingnya motorik pada anak, mempengaruhi tumbuh kembang anak dengan baik dan maksimal.

Sebenarnya masih banyak permainan lain yang bisa membantu perkembangan motorik halus anak dikehidupan sehari-hari seperti membuat kue, menata meja, menuangkan susu, menggunakan pinset, memasang karet gelang di cangkir, masih banyak lagi.