BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > SMP IMBS Mengikuti Simulasi Asesmen Nasional 2022

SMP IMBS Mengikuti Simulasi Asesmen Nasional 2022

asesmen smp

Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Tujuan utama dari program asesmen nasional ini adalah untuk perbaikan mutu dan hasil belajar peserta didik. Sebelum dilaksanakan Asesemen Nasional 2022, diselenggarakan Simulasi terlebih dahulu.

Simulasi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan sekolah dan mempersiapkan siswa dalam mengahadapi situasi Asesmen Nasional 2022 yang sesungguhnya.

Simulasi Asesmen Nasional 2022 dilaksanakan dalam 2 gelombang yaitu tanggal 1-4 Agustus dan 8-11 Agustus 2022. SMP Insan Madani Boarding School menjadi peserta simulasi gelombang II pada tanggal 10-11 Agustus 2022. Simulasi ini diikuti oleh 21 siswa kelas VIII di ruang laboratorium Komputer SMP Insan Madani Boarding School.

Siswa tampak sangat antusias mengikuti simulasi Asessmen Nasional. Mereka secara seksama mengikuti bimbingan dari proctor dan beberapa guru yang ikut mendampingi simulasi.

Kegiatan simulasi berjalan dengan lancar sesuai jadwal. Meskipun beberapa waktu terkendala dengan server yang gangguan, tetapi tidak menyurutkan semangat siswa untuk menyelesaikan Simulasi l.  

Adapun simulasi dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Pelaksanaan  Asesmen Nasional 2022  jenjang SMP/MTs/SMPLB/Paket B dijadwalkan pada 19-22 September 2022. Diharapkan siswa dapat menyelesaikan Asesmen Nasional 2022 mendatang dengan hasil yang memuaskan.