BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kesehatan > Radang Amandel | Insan Madani

Radang Amandel | Insan Madani

Radang amandel adalah infeksi yang terjadi pada amandel (dua massa jaringan di bagian belakang tenggorokan), dan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Amandel berfungsi sebagai filter,untuk menjebak kuman supaya tidak masuk ke saluran udara yang dapat menyebabkan infeksi. 

Amandel juga membantu antibodi untuk melawan infeksi. Namun, terkadang ketika amandel tidak dapat melakukan tugasnya, amandel bisa bengkak dan meradang. Radang amandel biasa terjadi pada anak-anak. Seperti apakah gejala radang amandel pada anak?

Gejala Amandel pada Anak : Merah, amandel bengkak,terdapat lapisan atau bercak putih atau kuning pada amandel, tenggorokan sakit,sulit atau menyakitkan saat menelan, demam, kelenjar lunak yang membesar (kelenjar getah bening) di leher, suara serak, bau mulut, sakit perut, leher kaku, sakit kepala.

Terkadang untuk anak di usia yang masih kecil, sulit untuk menggambarkan rasa sakit yang dialaminya. Kita bisa melakukan pengecekan gejala dengan cara melihat tanda-tanda berikut:  Ngiler karena sulit atau nyeri saat menelan, menolak makan, anak rewel tidak seperti biasanya.

Jika mengalami gejala Radang Amandek kita dapat mencoba pengobatan rumahan pada anak seperti: Banyaklah beristirahat, Minumlah cairan hangat atau sangat dingin untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, makan makanan yang lembut, seperti gelatin berasa, es krim, dan saus apel, gunakan vaporizer di ruangan kamar, berkumurlah dengan air garam hangat, isap tablet hisap dengan benzokain atau obat lain untuk melegakan tenggorokan, konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti asetaminofen atau ibuprofen.

Sebagian besar kasus peradangan amandel biasanya akan sembuh dalam waktu satu minggu, dan jarang sekali berlanjut menjadi kondisi yang serius. Tidak ada obat khusus untuk menangani peradangan amandel. Obat biasanya diberikan untuk meringankan gejala, misalnya ibuprofen atau parasetamol sebagai pereda rasa sakit.

Baca Juga : Penyakit Diare , Pemberdayaan dan Emergency | Insan Madani