BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > SMP IM Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

SMP IM Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sangat mempengaruhi berbagai sektor kehidupan. Salah satu sektor yang juga turut terdampak yaitu sektor pendidikan SMP IM adakan warkshop imlementasi kurukulum merdeka, Menghadapi masa pandemi Covid-19, pemerintah menerapkan Kurikulum Darurat yang didalamnya terdapat penyederhanaan materi dan pembelajaran siswa harus dilaksanakan secara daring. Kondisi ini menyebabkan terjadinya ketertinggalan pembelajaran yang berbeda-beda pada ketercapaian kompetensi peserta didik. Selain itu, kondisi ini juga menyebabkan terjadi kesenjangan pendidikan antarwilayah dan kelompok sosial di Indonesia.

Berangkat dari berbagai tantangan yang terjadi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan upaya pemulihan dengan mencanangkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum pembelajaran yang mengadopsi pembelajaran berdiferensiasi dengan mengkolaborasikan tiga lingkup pembelajaran, yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Kurikulum Merdeka baru dijadikan opsi untuk diterapkan pada awal pelaksanaannya. Tetapi untuk tahun ajaran mendatang, Kurikulum Merdeka akan diterapkan untuk seluruh sekolah.

Dalam rangka mendukung terlaksananya Kurikulum Merdeka, SMP Insan Madani Boarding School mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Workshop IKM dilaksanakan pada hari Senin 17 Oktober 2022. Kegiatan Workshop ini dilaksanakan di Aula SMP Insan Madani Boarding School dengan mengundang pemateri Bapak Yandri,S.Pd selaku pengawas pembina SMP Insan Madani Boarding School. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan seluruh guru SMP Insan Madani Boarding School. Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan berupa workshop dapat meningkatkan kompetensi guru dan memberikan layanan kepada peserta didik sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Kemendikbudristek.