BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Zakat Fitrah tu Apo ?

Zakat Fitrah tu Apo ?

zakat fitrah

Sebelum merayakan Hari Kemenangan, umat muslim diharuskan untuk menunaikan zakat fitrah terlebih dahulu.

zakat fitrah adalah zakatt wajib yang harus dikeluarkan setahun sekali pada bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri, yang harus ditunaikan bagi seorang muzakki yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya.

Pada prinsipnya, zakat fitrah haruslah dikeluarkan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Hal tersebut yang menjadi pembeda dengan zakat lainnya.

Zakat fitrah berarti menyucikan harta, karena dalam setiap harta manusia ada sebagian hak orang lain. Oleh karenanya, tidak ada suatu alasan pun bagi seorang hamba Allah yang beriman untuk tidak menunaikannya karena telah diwajibkan bagi setiap muslim, laki-laki maupun perempuan, orang yang merdeka atau budak, anak kecil atau orang dewasa. Ini perkara yang telah disepakati oleh para ulama.

Zakat fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Besaran yang harus dikeluarkan adalah sebesar satu sha’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu, dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi per-orangan sehari-hari.

Berikut syarat-syarat wajib zakat fiitrah:

  • Beragama Islam dan merdeka
  • Menemui dua waktu, yaitu di antara bulan Ramadhan dan Syawal, walaupun hanya sesaat
  • Mempunyai harta yang lebih dari pada kebutuhannya sehari-hari, untuk dirinya dan orang-orang di bawah tanggungan, pada hari raya dan malamnya

Selain itu, ada juga syarat tidak wajib zaakat fitrah, yaitu:

  • Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadhan
  • Anak yang lahir selepas terbenam matahari pada akhir Ramadhan
  • Orang yang baru memeluk agama Islam sesudah matahari terbenam pada akhir Ramadhan
  • Tanggungan istri yang baru saja dinikahi selepas matahari terbenam pada akhir Ramadhan

Zakat fitrah dapat disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat terpercaya seperti LAZ Insan Madani Jambi yang merupakan lembaga amil zakat yang sudah sudah terpercaya dan mendapat izin resmi di Kota Jambi.