BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Pendidikan > Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 | SMP IMBS

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 | SMP IMBS

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau dikenal ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Tujuan utama dari program asesmen nasional (ANBK) ini adalah untuk perbaikan mutu dan hasil belajar peserta didik. Asesmen Nasional jenjang SMP/ MTs/ SMPLB/ Paket B tahun 2022 diselenggarakan dalam dua gelombang pada 19-22 September 2022.

Sebelum dilaksanakan Asesmen Nasional, diadakan gladi bersih Asesmen Nasional pada 12-15 September 2022. Peserta dalam Asesmen Nasional ini adalah siswa kelas VIII, dan dilaksanakan dalam 2 sesi.

SMP Insan Madani BoardingĀ  School mengikuti Asesmen Nasional pada gelombang ke 2 yaitu 21-22 September 2022.

Dalam pelaksanaan Asesmen Nasional yang bertindak sebagai proctor ibu Wahyuni,S.Pd, teknisi bapak Dadang Putra, dan pengawas ibu Salsabila,S.Pd dari SMP Nurul Khoir.

Pelaksanaan Asesmen Nasional berjalan lancar meskipun terdapat gangguan server, tetapi tidak menyurutkan semangat dan konsentrasi siswa. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Hasil dari asesmen ini muaranya akan berpengaruh pada Rapor Pendidikan Sekolah.