BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Ramadhan Momentum Tepat untuk Bertaubat

Ramadhan Momentum Tepat untuk Bertaubat

bertaubat

Ramadhan dikenal sebagai syahrut taubat. Disebut sebagai syahrut yaubat karena Ramadhan memang saat yang tepat untuk bertaubat.

Dengan demikian, terkumpulah dua keutamaan jika kita bertaubat saat ini. Keutamaan karena Ramadhannya dan keutamaan karena menyegerakan taubat.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah membentangkan tangan-Nya di waktu malam untuk mengampuni hamba-Nya yang berdosa di waktu siang, dan Dia membentangkan tangan-Nya di waktu siang untuk mengampuni hamba-Nya yang berdosa di waktu malam, sampai matahari terbit dari Barat.”

Ampunan Allah jauh lebih banyak, meski kesalahan dan dosa kita sungguh merebak. Rahmat-Nya jauh lebih melimpah, kendati kekhilafan kita membuncah.

Maha Suci Allah yang telah memberi berbagai karunia, padahal kita selalu salah. Allah berfirman:

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (Ali Imran: 135)

Manusia kerap mengulangi dosa yang pernah dilakukan. Mereka kadang lupa dan bahkan tak jera melakukan dosa. Namun betapa ruginya jika manusia bersalah, berdosa, dan mengakuinya, akan tetapi tidak meminta ampun kepada Allah.

Padahal Allah Maha Mengampuni dosa-dosa mereka. Rasulullah bersabda, “Sungguh hina orang yang dikunjungi Ramadhan tetapi tidak diampuni dosanya.”

Jelas, bulan ini adalah kesempatan yang mungkin tak terulang lagi, jarang bertandang. Maka mengapa kita tidak bersungguh-sungguh dan berhasrat untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin? Semua dosa setahun insya Allah akan terhapus jika kita berinteraksi dengan baik bersama Allah di bulan Ramadhan (NA)