BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Golongan-Golongan Orang Yang Merugi di Bulan Ramadhan

Golongan-Golongan Orang Yang Merugi di Bulan Ramadhan

golongan orang yang merugi

Berjumpa dengan Ramadhan bagi orang-orang yang beriman adalah sebuah kebahagiaan yang tiada terkira. Mereka akan mempersiapkan lahir batinnya untuk bisa menunaikan rangkaian ibadah di bulan suci tersebut.

Sebaliknya, pasti ada pula orang-orang yang menganggap bulan Ramadhan biasa-biasa saja, dan sungguh betapa meruginya orang yang semacam ini.

Di bulan Ramadhan Allah berikan kepadanya nikmat yang besar, namun dia malah menjadi manusia yang celaka dalam nikmat besar yang Allah berikan kepadanya. Siapakah orang yang merugi ini?

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda

 رَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ

“Sungguh celaka seorang yang berjumpa dengan bulan Ramadhan, kemudian Ramadhan itu berakhir dalam keadaan Allah Subhanahu wa Ta’ala belum mengampuni dosa-dosanya.” (HR. Tirmidzi) Dari Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam adalah manusia paling dermawan dalam kebaikan, dan beliau paling dermawan pada bulan Ramadhan. Malaikat Jibril menemui beliau setiap malam di bulan Ramadhan hingga Ramadhan berakhir.

Lalu siapa saja golongan yang merugi di bulan Ramadhan ini? Abdul Aziz As-Sadhan dalam bukunya “Puasa Tapi Keliru”, menjellaskan ada 5 golongan manusia yang puasanya tidak membuahkan hasil selama di bulan suci Ramadhan. Mereka adalah :

  1. Yang menganggap biasa bulan Ramadhan
  2. Yang tiba-tiba berubah alim hanya pada bulan Ramadhan
  3. Sebatas menahan lapar dan dahaga
  4. tidak memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan
  5. Tetap melakukan maksiat di bulan Ramadhan

Semoga kita semua tidak termaksud golongan – golongan yang merugI, Aamiin (NA)

Baca juga : Bayar Fidyah, bagaimana caranya?