BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > Mengapa Dilaksanakan Home Visit ?

Mengapa Dilaksanakan Home Visit ?

Mengapa Dilaksanakan Home Visit

Jambi- Sekolah Dasar Insan Madani Jambi sejak lama sudah melakukan program yang dinamakan Home Visit. Apa sih maksud home visit ?

Home Visit merupakan program sekolah yang dilaksanakan setiap bulan dengan cara seluruh wali kelas mengunjungi tempat tinggal siswa untuk memberikan evaluasi siswa selama disekolah, serta permasalahan yang dihadapi anak didik sekaligus mempererat silaturahmi antara guru dan wali murid.

Home visit atau kunjungan kerumah siswa membangun komunikasi alternatif yang baik antara guru dan orang tua, agar bisa membantu memecahkan masalah kesulitan siswa dalam belajar. Masih banyak keluarga atau lingkungan rumah yang bermasalah yang menimbulkan permasalahan bagi siswa terutama dalam proses belajar di sekolah. Guru menyampaikan bagaimana perkembangan anak dalam belajar disekolah. Kunjungan rumah merupakan salah satu layanan pendukung dari kegiatan pembelajaran bagi anak usia dini.

Kunjungan dilakukan untuk memfasilitasi orangtua/ wali anak didik terutama pada keluarga yang kurang mampu dalam meningkatkan pemahaman mereka mengenai perkembangan dan kebutuhan bagi anak. Guru sebagai motivator yang memotivasi anak dengan memberikan semangat agar anak semakin giat dalam belajar.

Terdapat tiga tujuan utama home visiit yaitu memperoleh data tambahan tentang permasalahan siswa, khususnya yang bersangkut paut dengan keadaan rumah atau orangtua, menyampaikan kepada orangtua tentang permasalahan anak, serta membangun komitmen orangtua terhadap penanganan masalah anaknya.

Pelaksanaan home visitt dapat diharapkan adanya minat dalam belajar semakin meningkat, orangtua dirumah juga merasa terbantu dengan kedatangan guru yang bisa mengajarkan dan memahami anak mereka belajar.

Baca Juga : Silaturrahmi Guru Ke Rumah Siswa | SMA Insan Madani