BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Kegiatan Sosial > Buka Puasa Bersama ala Santriwati IM

Buka Puasa Bersama ala Santriwati IM

buka puasa

Buka puasa bersama santriwati Insan Madani Jambi.

Yaa Allah lancarkanlah rezeki donatur yang telah berbagi kepada kami,” yang disambut seruan “aamiin” seluruh santri.

Dalam doanya para santri juga bermunajat untuk diteguhkan dan dikuatkan menjadi seorang penghafal Alquran

Ini bentuk dukungan donatur terhadap pondok pesantren yang lagi berusaha hadirkan fasilitas terbaik untuk memproses lahirnya generasi yang baik penuh kecemerlangan di masa datang

Dengan memberikan salah satu konstribusi dengan memberikan takjil dan makanan berbuka puasa

Memberikan makanan untuk buka puasa di senin kamis merupakan hal yang sangat mulia dan kita mendapatkan balasan  hal yang tidak di sangka –sangka oleh Allah

Sedekah adalah pemberian seorang kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sedekah lebih luas dari sekadar zakat maupun infak. Karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadis digambarkan, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.”

Sedekah merupakan bukti iman dan ketaatan manusia pada Allah SWT. Sedekah itu tidak dapat dipaksakan, melainkan panggilan hati dan jiwa untuk melakukannya dengan ikhlas dan dapat menyenangkan hati orang lain.

Sedekah tidak hanya dalam bentuk harta benda saja, seperti halnya ibadah-ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, senyum, memberi nafkah keluarga, mengajarkan ilmu, berdzikir, bahkan juga melakukan hubungan suami istri itu disebut dengan sedekah. Cangkupan sedekah dalam Islam itu sangat luas sekali.

Namun, agar lebih utama harta benda yang kita miliki juga harus disedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Nabi bersabda: “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu.”(HR. Bukhari).

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah“. (HR. At-Tirmidzi).