BAHASA: IndonesianEnglish
Home > Tausiyah > Makan Secukupnya, Bukan Sebanyaknya | Insan Madani

Makan Secukupnya, Bukan Sebanyaknya | Insan Madani

makan secukupnya

Setiap orang pasti membutuhkan yang namanya makan, baik itu anak kecil, dewasa ataupun orang tua. Walaupun kita masih bisa tetap hidup dengan nggak makan selama beberapa hari, tapi pasti tubuh sudah terasa lemas dan nggak bertenaga.

Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Tapi, bukan berarti harus banyak banget. Makan itu secukupnya, nggak perlu sampai berlebihan hingga akhirnya malah terbuang sia-sia.

1. Berlebihan Tak Baik untuk Kesehatan

Kita memang perlu makanan, tapi tentu bukan yang berlebihan. Selain berlebihan itu nggak baik, dengan banyaknya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, tentu akan menyebabkan masalah untuk kesehatan.

Kamu tentu sering mendengar obesitas kan? Itu lho, kelebihan berat badan. Nah, dengan makann yang banyak tanpa menakar kebutuhan, kamu bisa terkena obesitas lho.

2.Lambung Itu Punya Bagian Masing-masing untuk Makanan, Air, dan Udara

Kita harus mengerti betul tentang tempat yang akan dilalui oleh makanan yang dimakan. Salah satu organ pencernaan yang dilalui adalah lambung. Ketika kita makan, maka makanan akan diproses terlebih dahulu di dalam lambung, untuk selanjutnya menuju sistem pencernaan berikutnya.

3. Makanlah Pada Jam-jam Ini.

Makan siangnya, sebaiknya pada jam 12.45, itu kalo memang bisa ya. Tapi, kalau memang jam segitu kamu belum bisa , diusahakan jarak antara sarapan dan makan siang tidak lebih dari empat jam.

Jadi, kamu sebaiknya makan siang empat jam setelah sarapan. Dan ingat, jangan sampai menundanya sampai jam empat sore ya.

Untuk makan malam, waktu yang paling baik adalah sebelum jam tujuh malam. Atau, kamu beri jeda tiga sampai empat jam antara makan malam dan jam tidur kamu.

Dan, jangan sampai menunda makanan malammu sampai jam 10 malam, karena sangat dekat dengan waktu tidur. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kualitas tidur kamu.

4. Pola Food Combining

Jadi, setelah bangun tidur, kita dianjurkan untuk minum air putih terlebih dahulu, ada juga yang mengonsumsi jeruk nipis peras. Nah, kemudian, menu sarapannya adalah buah-buahan.

Pokoknya bukan pakai nasi dan lauk, hanya buah-buahan saja.Setelah siang hari, barulah kita boleh memakan makanan berat, tentu saja dengan porsi yang wajar lho ya.

Nah, malam harinya, sebaiknya maakan yang banyak mengandung serat, seperti buah dan sayur.  Dan, jam maksimal hanya sampai jam delapan malam, lebih dari jam itu dilarang makan lagi. (NA)

Ketahui Juga : Adab ketika minum